Tentang Kami

Kesultanan Banjar adalah sebuah bentuk pemerintahan kerajaan yang didirikan sejak tahun 1526 oleh Sultan Suriansyah. Kerajaan ini bertempat di tengah dan selatan pulau Kalimantan.

Saat era penjajahan oleh Belanda, Kesultanan Banjar mengalami kekalahan perang dan statusnya dihapus sepihak oleh penjajah pada tahun 1860. Setelah era kemerdekaan negara Indonesia, sebagian besar pulau Kalimantan bergabung dengan Indonesia termasuk bekas wilayah Kesultanan Banjar.

Oleh Yang Mulia Sultan Haji Khairul Saleh, Kesultanan Banjar dibangkitkan kembali di tahun 2010. Kebangkitan ini bukan dalam bentuk pemerintahan tetapi sebagai bagian dari menjaga adat dan budaya Banjar dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Website ini dikembangkan sebagai sarana dokumentasi budaya dan sejarah Banjar melalui hasil tulisan dan photo, sehingga peran Kesultanan Banjar bisa dijangkau ke masyarakat dan wilayah yang lebih luas lagi. Arsip tulisan di dalam website ini bebas diakses siapa saja untuk kepentingan pengetahuan dan pelajaran. Diharapkan dengan adanya website ini generasi muda Banjar lebih banyak tahu dan mau mempelajari akar sejarah dan budayanya.