Berita

Kampoeng Seni Boedaja ULM Kunjungi Kesultanan Banjar

26

Unit Kegiatan Mahasiswa Kampoeng Seni Boedaja ULM mendatangi kediaman Pangeran Nooryakin untuk melakukan observasi sekaligus meminta izin untuk dilakukannya pementasan yang berjudul “Datu Abulung (Sinar Sebelum Cahaya)” pada 20 Oktober mendatang.

Izin ini dalam hubungan adanya pemakaian lambang Kesultanan Banjar dan tokoh bangsawan Banjar di dalam naskah yang akan dipentaskan.

Dikutip dari blognya Unit Kegiatan Mahasiswa ini bernama Kampoeng Seni Boedaja Universitas Lambung Mangkurat yang kemudian disingkat menjadi KSB UNLAM. KSB UNLAM berkedudukan di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan.

KSB UNLAM didirikan di Banjarmasin pada tanggal 10 Maret 2008. KSB UNLAM diresmikan di Banjarmasin pada tanggal 10 Maret 2009, dengan surat keputusan rektor Universitas Lambung Mangkurat Nomor Kep. 42/H8/KM/2009 tertanggal 02 Maret 2009.

Pembentukan ini berawal dari keresahan para pendirinya mengenai banyaknya unsur-unsur budaya, adat istiadat, dan kesenian tradisi di Kalimantan Selatan yang hampir punah karena lekang oleh zaman dan terpengaruh oleh masuknya kebudayaan asing melalui arus globalisasi yang berpangkal pada majunya teknologi dan informasi.

Kunjungan tersebut disambut positif oleh Pangeran Nooryakin. Beliau menyatakan sangat mendukung dengan pementasan tersebut karena bertujuan untuk pengenalan dan pembelajaran dalam sejarah yang ada di Kalimantan Selatan. Selain itu kesamaan visi dan misi antara Kesultanan Banjar dan Kampoeng Seni Boedaja Universitas Lambung Mangkurat diharapkan menjadi sebuah awal untuk lebih banyaknya sinergi di masa depan.

Kunjungan dalam suasana santai dan akrab ini dipimpin langsung oleh sang sutradara Surya Hadie serta penulis naskah Faisal Refki. Di akhir pertemuan Pangeran Nooryakin mengharapkan pementasan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan pesan-pesan yang ingin disampaikan bisa tervisualkan dengan baik dalam sebuah pementasan yang sukses. Pihak Kesultanan Banjar juga menyampaikan apresiasi atas inisiatif silaturahmi dari KSB Unlam ini sebagai langkah maju dan bernilai etika tinggi.