Wajah H M Yamani terlihat ceria sejak sehabis sholat ashar sore ini. Beliau dan beberapa pengurus makam Sultan Suriansyah sesuai jadwal akan menerima kedatangan Sultan Banjar dan rombongan. Pelaksanaan kegiatan hari ini sesuai agenda yang sudah direncanakan bahwa Sultan Banjar akan menyerahkan 1 ekor sapi sebagai hewan kurban pada perayaan hari raya Idul Adha 1439 H.

Kedatangan Sultan Haji Khairul Saleh ini juga didampingi oleh Ketua Dewan Mahkota Pangeran Rusdi Effendi AR yang ikut menyerahkan hewan kurban mewakili Banjarmasin Post Group. Penyerahan hewan kurban pada tahun ini merupakan kelanjutan agenda tahunan Kesultanan Banjar untuk berbagi kepada masyarakat Kuin Utara di sekitar komplek Makam Sultan Suriansyah.

Dipilihnya lokasi Komplek Pemakaman Sultan Suriansyah di Kuin Utara ini merupakan keputusan yang tepat oleh Sultan Banjar karena melihat situs bersejarah yang dimulai dari lokasi Masjid Sultan Suriansyah sampai dengan Makam Sultan Suriansyah adalah area Istana Kesultanan Banjar pada masa lalunya. Pelaksanaan ibadah kurban oleh Kesultanan Banjar selain sebagai memenuhi perintah agama juga sebagai ajang silaturahmi kerabat Kesultanan Banjar kepada warga sekitar. Kemudian untuk mengenang jasa Sultan Suriansyah yang telah mengislamkan masyarakat Banjar sehingga kita semua mendapat hidayah dari Allah SWT.

Acara penyerahan hewan kurban ini juga terlihat dihadiri beberapa Datu dari Kesultanan Banjar, diantaranya Datu Mangku Adat Sirajul Huda, Datu Cendikia Hikmadiraja Ahmad Barjie, Datu Astaprana Hikmadiraja Iberamsyah Barbary. Dari kalangan pangeran juga ikut mengiringi rombongan Kesultanan Banjar, diantaranya Pangeran Nooryakin, Pangeran Wardiansyah, dan Pangeran Rusdi Effendi AR.

Penyerahan hewan kurban langsung dilakukan oleh Sultan Banjar Sultan Haji Khairul Saleh Al Mu’tashim Billah yang disaksikan oleh para Pangeran dan Datu serta warga masyarakat Kuin Utara. Satu ekor sapi jantan yang besar dan sehat diterima langsung oleh pengurus makam Sultan Suriansyah, bapak H M Yamani. Sebagai perwakilan dari pengurus makam bapak H M Yamani mengucapkan terima kasih dan siap melakukan penyembelihan pada hari raya nanti sampai dengan proses pembagiannya kepada masyarakat Kuin Utara di tiga RT yaitu RT.7 RT.8 dan RT. 9

Penyerahan hewan kurban selanjutnya dilakukan oleh Ketua Dewan Mahkota Kesultanan Banjar, Pangeran Rusdi Effendi AR yang mewakili Banjarmasin Post Group. Semoga kerjasama yang terjalin antara Kesultanan Banjar dan masyarakat Kuin Utara ini diharapkan untuk terus berlanjut di masa yang akan datang supaya manfaat yang diberikan Kesultanan Banjar bisa terus menerus dirasakan oleh masyarakat Banjar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.