Sultan Banjar, Pangeran H. Khairul Saleh Al-Muhtasim Billah merespon positip forum kerapatan sultan se Borneo yang kini berlangsung di Ketapang Kalimantan Barat dalam rangkaian Festival Keraton Matan Tanjungpura ke II dari 2-8 Maret 2013.

“Forum kerapatan Sultan Se Borneo merupakan forum yang bermartabat, forum yang mulia yang berkarakter,” kata Raja Banjar,Pangeran Khairul Seleh kepada ANTARA di Banjarmasin, Sabtu.

Disebutkannya forum ini bermanfaat lantaran melalui forum ini akan menggali berbagai informasi mengenai kearifan lokal, serta berbagai budaya yang ada di Kalimantan.

Mengenai potensi Borneo (Kalimantan) dengan luas wilayah 743.330 KM persegi yang terdiri dari tiga negara Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia serta empat Provinsi Kal sel, Kaltim,Kalteng dan Kalbar dan Kaltara telah memberikan 9,3 persen terhadap PDB nasional RI .

Porsi investasi di Kalimantan terhadap total investasi nasional hanya 0,6 persen melihat data ini jelas Kalimantan belum berkembang.

Melihat yang terjadi di perbatasan dengan Malaysia, kasus anak bangsa di perbatasan. Seperti film Tanah Surga yang menceritakan bagaimana nasionalisme di perbatasan.

Forum yang membentuk link untuk meyampaikan informasi mengenai Borneo ke pemerintah lokal dan pemerintah pusat, dan forum yang membulatkan tekad untuk siap bersedia sepanjang hidupnya untuk berbuat baik membangun bangsa / NKRI (sbg pemimpin informal).

“Apapun yang terjadi dengan negeri ini jangan sampai kehilangan kecintaan kita pada negeri ini. Jangan tanyakan apa yang telah negeri ini berikan kepadamu tapi tanyakan apa yang telah kamu berikan untuk negeri ini,” kata Khairul Saleh yang juga Bupati kabupaten Banjar, Kalsel tersebut.

“Bagaimana kita melihat IPM( Indeks Pembangunan Manusia) mencakup pendidikan kesehatan dan ekonomi. Kesenjangan bukan masalah yang tidak ada jalan keluar tapi dengan kecintaan kesediaan forum untuk menjadi jembatan antara masyarakat dan pemerintah.”tambahnya.

Kerajaan/kesultanan Borneo ini bukan lagi yang kecil terserak tapi merupakan kumpulan yang besar yang berkekuatan yaitu NKRI

Mengutip ucapan soekarno, kata Khairul Saleh pemimpin itu adalah penyambung lidah rakyat( sultan/raja adalah pemimpin informal).

Kerapatan ini akan dihadiri 15 raja Nusantara dari Kalimantan selain dari Indonesia jugta dari Malaysia dan Brunai Darussalam.

Sultan Banjar, Pangeran Khairul Saleh sendiri akan memberikan sambutan pada pertemuan 3 Maret 2013, dan ia akan didampingi beberapa orang dari kesultanan Banjar, seperti Taufik Arbain, Datu Adjim Ariadi dan Datu Syarifudin./D.

Editor: Hasan Zainuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.